Wellcome To Firman Ramdhani Blog

Klik di Sini

Rabu, 26 Agustus 2009

Berpuasa 16 Jam Di Jerman


Berlin -Umat muslim di Jerman turut menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Faktor musim menjadi tantangan tersendiri untuk menjalankan ibadah puasa.

Pada tahun ini, Ramadan datang di musim panas, yang mana siang hari lebih lama dari pada malam. Umat Islam di Jerman pun berpuasa lebih lama dari mereka yang tinggal di kawasan tropis atau di bumi bagian selatan. Sekitar 16 jam lamanya.

Pada umumnya di Jerman, puasa dimulai pada pukul 04.15 saat masuk waktu Subuh. Buka puasa baru dilakukan pada pukul 20.15 saat Magrib tiba. Salat Tarawih pun baru dilakukan sekitar pukul 21.45

"Puasanya memang lama, dan di sini nggak ada makanan berbuka seperti di Indonesia. Tapi karena sudah diniatkan, jadi rasanya tidak terlalu berbeda," ungkap Awad Sewet, mahasiswa Indonesia di Berlin, saat berbincang dengan detikRamadan, Rabu (26/8/2009).

Namun, suasana menyambut Ramadan memang tidak semeriah di tanah air. Tidak ada banner dan spanduk bertebaran di jalanan atau mal menyambut datangnya Ramadan. Maklum saja, umat Islam di Jerman hanya 5 persen dari populasi walaupun itu merupakan agama terbesar kedua. Suasana Ramadan hanya terasa di daerah imigran Muslim.

Misalnya saja di kawasan Kreuzberg, Neukoln atau Wedding, Berlin, yang merupakan kantung-kantung imigran terutama dari Turki. Warung-warung kebab membagi-bagikan jadwal puasa untuk para langganannya, sekalian berpromosi warung kebabnya. Toko-toko Turki pun menjual kurma lebih banyak dari pada biasanya.

Setiap masjid di Jerman, biasanya mempunyai agenda kegiatan khusus di bulan Ramadan. Seperti juga di Indonesia, masjid-masjid di Jerman menggelar buka puasa dan salat Tarawih bersama.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Mengunjungi Firman Ramdhani Blog

Klik di Sini

KoSoNg ToeJoeH © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute